Senin, 01 April 2013

WORKSHOP KETRAMPILAN MENGAJAR BAGI DOSEN FAKULTAS TARBIYAH IAIN WALISONGO

Fakultas Tarbiyah melaksanakan Workshop Ketrampilan Mengajar Bagi Dosen di Hotel Siliwangi Semarang pada tanggal 1-2 April 2013. Kegiatan yang diikuti oleh 40 dosen muda di lingkungan Fakultas Tarbiyah ini bertujuan untuk mengembangkan ketrampilan mengajar active learning dengan mengintegrasikan nilai-nilai Islami dalam pembelajaran. Workshop ini akan menghasilkan suatu perencanaan pembelajaran (SAP) active learning dengan mengintegrasikan nilai-nilai Islami yang ditindak lanjuti dengan program lesson study. Workshop yang dikemas 2 hari ini diisi oleh ahlinya active learning sekaligus penulis buku tersebut, adalah Prof. Dr. H. Bermawi Munthe, M.A. dan Dr. Hisyam Zaini, M.A.  
Materi yang diberikan dalam workshop ketrampilan mengajar ini adalah 1) penanaman nilai-nilai Islami dalam Pembelajaran di Perguruan Tinggi, 2)Konsep dasar dan filosofi pembelajaran aktif di perguruan tinggi: membentuk dosen terampil, 3)pembuatan Silabus dan SAP active learning dengan mengintegrasikan nilai Islami. Dari SAP yang dihasilkan akan ditindaklanjuti dengan pelaksanaan Lesson Study di Prodi dan kelas masing-masing. 
Harapan lebih lanjut dalam pelaksanaan lesson study ini adalah, 1)mengidentifikasi permasalahan belajar mahasiswa dan cara-cara mengatasinya, 2)mengembangkan perangkat pembelajaran berbasis masalah dan  local material, 3)menjalin kekolegaan antar dosen melalui tukar pengalaman dalam perkuliahan, 4)mewujudkan pelayanan dalam penyelenggaraan perkuliahan yang optimal.

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Powered by Blogger